Perbanyakan Bibit Putsa

Buah PutsaFicus benyamina.  Putsa atau Apel India (Ziziphus zizyphus), tanaman buah yang baru dikenal di Indonesia, buahnya seperti apel dengan rasa manis, tanpa rasa asam. Putsa berbuah tanpa musim, rajin mengeluarkan bunga dalam jumlah banyak. Saya memiliki satu batang pohon putsa dari bibit sambungan (okulasi), saya coba memperbanyak dengan cara stek, tidak pernah berhasil, begitu juga dengan tanam biji selalu gagal. Stek batang bawah (ternyata Bidara) cepat tumbuhnya, sedang batang atas (Putsa) belum pernah berhasil.

Bagian batang bawah tampak sangat berbeda secara fisik dibandingkan bagian batang atas, antara lain daun bagian batang bawah lebih kasar dibandingkan daun bagian batang atas, pucuk daun bagian batang bawah berwarna hijau muda, sedangkan pucuk daun bagian batang atas berwarna hijau keputihan, bagian belakang daun batang bawah berwarna hijau sedangkan belakang daun batang atas berwarna putih.
Karena penasaran ingin memperbanyak Putsa, saya coba dengan penyusuan (sambung batang), saya coba pada tanggal 1 Januari 2011 kemaren, mudah-mudahan bisa berhasil. Cara lain seperti cangkok belum saya coba karena tanamannya masih kecil, mau okulasi, agak rumit dan harus super hati-hati, karena batang bawahnya juga masih kecil.

Daun Putsa batang bawahDaun batang bawah (Bidara)

Daun Putsa batang atasDaun batang atas (Putsa)

Penyusuan bibit PutsaPenyusuanPenyusuan bibit Putsa

Update:
Setelah 2 bulan penyambungan saya coba potong bagian bawag batang atas dan bagian atas batang bawah, sehingga terlepas dari pohon induk, kemudian dikurangi daun sampai tersisa 6 lembar, dan daun tersisa tersebut saya potong lagi masing-masing menjadi sepertiganya untuk mengurangi penguapan. 2 minggu kemudian nampak muncul tunas daun baru di bagian batang bawah dan batang atas. Tentu saja tunas yang tumbuh di bagian batang bawah saya buang dan tunas di batang atas terus dipelihara.

Bibit Putsa Sambungan

Labels: