Home » » Jeruk Nipis dan Khasiatnya

Jeruk Nipis dan Khasiatnya

Ficus benyamina.  Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah tanaman buah yang juga segaligus tergolong tanaman obat-obatan karena khasiatnya yang banyak bagi kesehatan kita. Buah jeruk nipis bulat bundar lebih kecil dari kebanyakan buah jeruk, berwarna hijau, memiliki rasa yang lebih masam dari kebanyakan buah jeruk.  Adapun khasiat dari buah jeruk nipis ini adalah:
  1. Mencegah penyakit gula darah (diabetes), karena jeruk nipis mengandung banyak serat larut yang dapat mengatur kadar gula dalam darah.
  2. Menguatkan jantung dan mencegah stroke, karena jeruk nipis berperan menurunkan tekanan darah dan menghancurkan kolesterol jahat dalam darah serta mengurangi peradangan dalam pembuluh darah.
  3. Mencegah sembelit, memperlancar buang air besar, karena jeruk nipis banyak mengandung serat.
  4. Merawat kesehatan kulit.  Air perasan jeruk nipis dapat meremajakan kulit, menghilangkan bau badan dan menghilangkan ketombe di kulit kepala.
  5. Menyehatkan mata, karena jeruk nipis banyak mengandung vitamin C dan sebagai antioksidan alami dalam melindungi fungsi mata.
  6. Mencegah obesitas, karena jeruk nipis banyak mengandung asam sitrat yang berfungsi dalam membantu pembakaran lemak dalam kulit.
  7. Mengurangi demam, karena jeruk nipis mengandung vitamin C yang secara alami berguna dalam menurunkan suhu tubuh akibat demam.

1 komentar:

  1. aku dulu gunakan jeruk nipis sebagai obat jerawat, perih tapi manjur sih

    ReplyDelete





Google PageRank Checker