Home » » Fungsi Pemangkasan Pada Tanaman

Fungsi Pemangkasan Pada Tanaman

Ficus benyamina.  Memangkas adalah memotong sebagian dari tanaman, bisa bagian daun ranting, dahan atau akar dengan tujuan tertentu.
Babarapa tujuan dari pemangkasan tanaman adalah:
  1. Untuk membentuk tajuk pohon, ini sebaiknya dilakaukan setelah tanaman memiliki tinggi sekitar 2 meter, dengan memotong bagian atas batang utama dan diharapkan nantinya akan tumbuh tunas baru, ambil dan pelihara antara 3-4 tunas yang akan menjadi tajuk pohon.  Makin banyak cabang, maka makin banyak daun dan makin banyak kemungkinan akan muncul bunga dan buah.
  2. Untuk pemeliharaan, pemangkasan ini untuk membuang bagian cabang dan ranting yang sudah tidak produktif lagi atau bentuk yang tidak sempurna.
  3. Untuk peremajaan, pemangkasan ini termasuk total prunning, semua bagian daun dan ranting dibuang semua agar tumbuh tunas baru yang lebig produktif, pemangkasan ini juga untuk mengatasi serangan hama seperti ulat yang sudah terlalu banyak. 
  4. Untuk peremajaan akat, pemangkasan ini dilakukan pada tanaman dalam pot. Keluarkan tanaman dari pot, lalu potong bagian bawah bola akar setebal 15 cm atau 1/4 sampai 1/3 bagian bawah, potong juga bola akar sekeliling batang melingkar sekitar 1/4 bagian terluar, masukkan kembali tanaman dalam pot dan tambahkan media tanam baru. Pemangkasan akar akan menghasilkan bulu akar yang baru yang lebih produktif menyerap unsur hara dalam tanah. Setiap melakukan pemangkasan akar harus dikuti dengan pengurangan daun agar seimbangan ataran bagian tanaman diatas tanah dan di bawah tanah. Hal ini juga berfungsi merangsang tanaman buah agar berbuah banyak.

2 komentar:





Google PageRank Checker