Home » » Khasiat Kacang Panjang

Khasiat Kacang Panjang

Ficus benyamina.  Kacang panjang (Vigna sinensis), tanaman sayuran ini banyak mengandung karbohidrat, protein dan lemak nabati yang baik, semakin tua dipanen semakin tinggi kandungan gizinya.  Selain sebagai tanaman sayur, kacang panjang juga memiliki khasiat obat, beberapa manfaat kacang panjang antara lain:
  1. Melancarkan proses pencernaan.  Polong dari kacang tanah banyak mengandung serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air.  Serat adalah karbohidrat yang sangat penting dalam memperlancar pencernaan.  Serat yang tak larut dalam air berfungsi melindungi usus dari kerusakan.  Kekurangan serat berakibat penyakit aterosklerosis, hiperglikemia dan hiperlipemia.
  2. Mencegah penyerapan lemak yang berlebihan.  Polong yang masih muda mengandung lemak yang tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, bahkan kandungan seratnya akan mengurangi penyerapan lemak yang terkandung.
  3. Kaya vitamin B1, B2, B3 dan B6.  Vitamin B1 bermanfaan bagi tubuh untuk kestabilan sistem syaraf dan suplai energi.  Vitamin B2 berfungsi untuk mendukung produksi energi selular dan menjaga suplai vitamin B yang lain.  Vitamin B3 berfungsi untuk menstabilkan kadar gula dan kolesterol dalam darah.  Vitamin B6 berfungsi meningkatkanaktivitas syaraf pusat untuk bekerja normal, kekurangan vitamin B6 akan mengakibatkan kelelahan akut (fatigue) dan mudah terkena eksem.

0 komentar:

Post a Comment





Google PageRank Checker