Home » » Agar Tabulampot Berbuah

Agar Tabulampot Berbuah

Ficus benyamina.  Tanaman buah dalam pot tentu tidak semudah tanaman buah di alam bebas tumbuh, berkembang dan menghasilkan buah, diperlukan perlakuan khusus agar pertumbuhannya mendekati normal.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
  1. Sesuaikan iklim tempat kita menanam dengan jenis tanaman yang akan ditanam, tanaman yang cocok untuk dataran tinggi seperti lengkeng dan strawberi tak akan berhasil bila ditanam di daerah rendah yang panas. Faktor iklim (suhu dan kelembaban udara) paling sulit direkayasa, tidak seperti jenis tanah dan sinar matahari (perlu matahari penuh atau naungan).
  2. Pilihlah bibit yang kuat dan cukup umur serta tidak ada tanda cacat, sehingga tidak terlalu lama untuk menghasilkan buah.  Belilah bibit tanaman di tempat penangkar yang terpercaya.
  3. Media tanam harus subur dan gembur.  Biasanya media tanam terdiri dari tanah subur (berwarna gelap), pupuk kandang sebagai tambahan nutrisi dan sekam atau pasir sebagai bahan memperlancar drainase.  Terkadang dipergunakan moss, selain sebagai bahan penggembur juga mengandung nutrisi tanaman.
  4. Pot yang berukuran sesuai (proporional) dengan jenis tanaman buahnya. Berbeda jenis tanaman buahnya berbeda pula ukuran normal di pot agar mudah berbuah. Tanaman strawberi bisa di pot kecil, sedangkan durian harus dengan pot besar.
  5. Karena keterbatasan media dalam pot, maka akar juga terbatas dalam mencari makanannya, sehingga diperlukan tambahan nutrisi dengan jalan memberikan pupuk organik yang mengandung unsur hara makro (N, P dan K) dan unsur hara mikro seperti Ca dan Mg.
  6. Pengendalian hama, penyakit dan gulma wajib dilakukan agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu karena hal tersebut.  Usahakan meminimalkan penggunaan bahan kimia dalam pengendalian hama, penyakit dan gulma tersebut.
  7. Lakukan pemangkasan yang tepat.  Pemangkasan bertujuan memperpendek tanaman (menyesuaikan ukuran pot), membentuk percabangan yang sesuai dan merangsang keluarnya bunga.

0 komentar:

Post a Comment





Google PageRank Checker