Home » » Agar Buah Tomat Tetap Segar

Agar Buah Tomat Tetap Segar

Ficus benyamina.  Tomat (Solanum lycopersicum), buah golongan sayur, manis-asam-segar, teman makan nasi atau bisa dibuat bahan campuran berbagai sambal dan masakan lainnnya.

Memilih Tomat
Pilihlah tomat yang keras, mengkilap, halus, gemuk dan berat untuk ukurannya.  Hindari tomat yang terlalu matang dan lembek.  Aroma merupakan indikator yang lebih baik dibanding warnyanya.  Aroma lebih mudah dikenali pada bagian tangkainya.  Tomat yang baik dan bercitra rasa adalah yang beraroma tumbuhan.  Tomat yang beraroma tomat akan terasa sehar pula.
Penyimpanan
Jangan pernah menyimpan buah tomat dalam kulkas.  Temperatur dingin membuat daging tomat lembut dan menghancurkan citra rasa.  Selalu simpan tomat pada temperatur kamar dengan ujung tangkai menghadap ke bawah, cara ini mencegah udara masuk ke dalam dan kelembaban deluar dari goresan sehingga memperpanjang pematangan.

Mematangkan Tomat Hijau
Untuk mematangkan tomat hijau, masukkan tomat ke dalam kantong kertas, letakkan di tempat gelap selama 3 atau 4 hari, tergantung tingkat kematangannya.  Kantong kertas menjebak gas etthylene (seperti karbit) buah dan mempercepat pematangan.

Tips Memasak Tomat
Tambahkan sedikit gula pada tomat ketika memasak tomat, gula meningkatkan cita rasa tomat.
Air tomat, cairan bening yang menetes dari irisan tomat bisa digunakan sebagai cairan dengan keasaman rendah sebagai pengganti sari lemon.  Air tomat ini bisa juga digunakan untuk marinate ikan mentah.

3 komentar:





Google PageRank Checker