Budidaya Seledri (Daun Sop)

daun sopSeledri (Apium graveolens) juga dikenal dengan nama daun sop, adalah tanaman sayuran yang juga banyak dipakai sebagai tanaman obat. Seledri dapat tumbuh pada dataran rendah sampai tinggi, dan optimal pada ketinggian tempat 1.000 s.d. 1.200 m dpl, suhu udara 7 - 16 derajat selcius dan pH tanah 5,5 - 6,8.

Perbanyakan seledri bisa dengan biji atau anakan. Seledri termasuk tanaman yang mudah perawatannya. Untuk skala rumah tangga seledri juga bisa berfungsi sebagai tanaman hias dengan menanamnya dalam pot gantung, atau pada kotak memanjang seperti talang plastik Media tanaman yang cocok adalah campuran tanah subur, pupuk kandang dan serbuk gergaji/sekam dengan perbandingan 1:1:1. Untuk pot gantung lebih bagus menggunakan moss atau akar eceng gondok karena bobotnya yang ringan.

daun sop
Penyemaian biji bisa dilakukan pada kotak/bedengan dengan media tanam tanah atau moss. Taburkan biji seledri secara merata, lebih mudah bila biji dicampur dengan pasir halus agar penyebaran merata. Jaga selalu kelembaban media agar biji cepat berkecambah. Setelah seledri tumbuh dan mengeluarkan 2-3 daun, sudah bisa dipisah dan ditanam pada polybag kecil atau gelas plastik bekas air mineral, setelah tanaman cukup besar pindahkan lagi ke pot yang lebih besar atau di tanam pada talang plastik.

daun sop
Pemeliharaan tanaman seledri pada skala rumah tangga tidaklah sulit, yang penting selalu jaga kelembaban media tanam, terutama di musim panas, hama dan penyakit jarang ditemukan. Pemupukan cukup dengan menyemprotkan pupuk daun seperti Gandasil D seminggu sekali.


Panen dapat dilakukan seminggu sekali dengan memetik daun yang sudah cukup besar. Untuk mempercepat daunnya tumbuh besar, buang setiap keluar anakan pada tanaman seledri, sehingga pertumbuhan daunnya maksimal. Membiarkan tumbuh anakan akan mengurangi pertumbuhan besar daun, tetapi hal ini bisa dilakukan apabila kita ingin memperbanyak tanaman seledri tersebut lewat anakan, pisahkan anakan yang sudah cukup banyak perakarannya.

daun sop

22 komentar:

  1. BAGUS NAMBAH PENGETAHUAN UNTUK PEMULA

    BalasHapus
  2. wah,,,ini kayak nya bza d jdikan bizniz,,,
    lumayan kan buat nambah uang saku yang msih kuliah,,,,,

    BalasHapus
  3. beli biji bibit seledrinya dimana yaa ....?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ada di toko alat & bahan pertanian

      Hapus
    2. Biji bisa pesen ke saya di 081364520379 / 085765053119

      Hapus
  4. ditanam di dataran rendah tanpa naungan bisa pa tdak ya

    BalasHapus
  5. Boleh dong kirimin biji sledri . tar ganti ongkos kirimnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Mas Har yanto : Biji bisa pesen ke saya di 081364520379 / 085765053119


      Hapus
  6. @ Mas Har yanto : Biji bisa pesen ke saya di 081364520379 / 085765053119

    Siip banget Artikelnya.....

    BalasHapus
  7. plak bag kau lach

    BalasHapus
  8. mantap bro,,boleh di coba nehh...

    BalasHapus
  9. saya sering membeli bibit seledri, tapi kenapa selalu mati yaa??? Padahalsudah saya pindah ke pot yang lebih besar ditambah pupuk, awalnya trlihat subur, banyak tunas2 baru namun lama kelamaan menyusut hingga akhirnya mati, apa karena keserngan dipetik yaa??
    Trus saya mau tanya lagi, kodisi tanah yang cocok untuk seledri seperti apa?? basah atau kering??

    Terimakasih atas jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanah lembab Bu...,Jgn yg kering.Krn bakaln sop jg kering...

      Hapus
  10. hehe,nambal ilmu lg...

    BalasHapus