Perbanyakan Bibit Putsa

Buah PutsaPutsa (Apel India), tanaman buah yang baru dikenal di Indonesia, buahnya seperti apel dengan rasa manis, tanpa rasa asam. Putsa berbuah tanpa musim, rajin mengeluarkan bunga dalam jumlah banyak. Saya memiliki satu batang pohon putsa dari bibit sambungan (okulasi), saya coba memperbanyak dengan cara stek, tidak pernah berhasil, begitu juga dengan tanam biji selalu gagal. Stek batang bawah cepat tumbuhnya, sedang batang atas belum pernah berhasil.

Putsa batang bawah tampak sangat berbeda secara fisik dibandingkan Putsa batang atas, antara lain daun Putsa batang bawah lebih kasar dibandingkan daun Putsa batang atas, pucuk daun Putsa batang bawah berwarna hijau muda, sedangkan pucuk daun Putsa batang atas berwarna hijau keputihan, bagian belakang daun batang bawah berwarna hijau sedangkan belakang daun batang atas berwarna putih.
Karena penasaran ingin memperbanyak Putsa, saya coba dengan penyusuan (sambung batang), saya coba pada tanggal 1 Januari 2011 kemaren, mudah-mudahan bisa berhasil. Cara lain seperti cangkok belum saya coba karena tanamannya masih kecil, mau okulasi, agak rumit dan harus super hati-hati, karena batang bawahnya juga masih kecil.

Daun Putsa batang bawahDaun Putsa batang bawah

Daun Putsa batang atasDaun Putsa batang atas

Penyusuan bibit PutsaPenyusuanPenyusuan bibit Putsa

Update:
Setelah 2 bulan penyambungan saya coba potong bagian bawag batang atas dan bagian atas batang bawah, sehingga terlepas dari pohon induk, kemudian dikurangi daun sampai tersisa 6 lembar, dan daun tersisa tersebut saya potong lagi masing-masing menjadi sepertiganya untuk mengurangi penguapan. 2 minggu kemudian nampak muncul tunas daun baru di bagian batang bawah dan batang atas. Tentu saja tunas yang tumbuh di bagian batang bawah saya buang dan tunas di batang atas terus dipelihara.

Bibit Putsa Sambungan

14 komentar:

  1. Mohon infonya, tanaman utama yang disambungkan dengan batang atas putsa itu apa ya pak ? Makasih

    BalasHapus
  2. Kedua tanaman tsb adalah putsa, hanya beda dikit. Saya awalnya dapat satu bibit sambungan (induk). Tanaman bagian atas gak mau tumbuh bila di stek. Lalu tanaman bagian bawah yang juga tumbuh cabang saya stek dan mau tumbuh, lalu bibit stek tsb saya sambungkan bagian atasnya dengan tanaman induk bagian atas dengan cara penyusuan, sambung pucuk/okulasi juga bisa.

    BalasHapus
  3. apakah mungkin..tanaman atas adalah putsa (india/taiwan) sedangkan tanaman bawah adalah bidara (lokal)
    mohon foto daun keduanya dipasang biar jelas

    BalasHapus
  4. kalo liat foto diatas sepertinya batang bawah itu berduri pak ya...
    sedang batang atas tidak...
    betul tidak penglihatan saya

    BalasHapus
  5. Batang atas dan bawah sama-sama berduri, kalo bidara saya kurang paham.

    BalasHapus
  6. kata temen saya, batang bawah bidara, batang atas bidara cina (putsa).

    BalasHapus
  7. oh jadi cara perbanyakan putsa itu dengan cara setek batang bawah, kemudian jika udah hidup kita pucuknya kita sambung dengan pucuk putsa atas ? Cara nyambungnya gimana? Seperti bunga bugenvil? Trimakasih

    BalasHapus
  8. Dengan mencangkok jg bisa....

    BalasHapus
  9. cara setek batang bawah putsa gmn yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti stek batang umumnya, pilih batang yg sehat diameter sekitar 3 mm, potong kurang lebih panjang 10 cm, sisakan daun beberapa lembar dan tiap daun di potong sisakan 1/3 nya aja, untuk mengurangi penguapan, bila daun baru sudah banyak tumbuh artinya perakarannya pun sudah tumbuh banyak dan siap untuk sambung pucuk atau penyusuan, semoga bermanfaat

      Hapus
  10. Salam kenal..
    Sya udh pernah stek putsa dengan sistem sungkup. Media tanamx sekam-cocopiet-pasir malang..terus semua bahan sya campur dan d taro di aqua cup & sya tancapkan stekan putsanya. lalu sya bungkus dengan pelastik es Batu..
    Setelah 1 bulan setakan sya udah ad pucuknya,.tapi lama" mati dan mengering.

    Yg mau sy tanyakan, cara stek yg anda lakukan bagai mana ? Apa media tanam yg anda gunakan ?..apakah di saat d stek selalu d siram ?..

    BalasHapus