Home » » Daun Jambu Biji Obat Diare

Daun Jambu Biji Obat Diare

Ficus benyamina.  Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.


Jambu dapat diperbanyak dengan biji. Namun demikian, perbanyakan dengan cara ini tidak disukai karena tumbuhannya lama menjadi dewasa dan juga akan berubah sifat dari induknya. Perbanyakan yang sekarang dilakukan adalah secara vegetatif, khususnya dengan cara pencangkokan.

Penyakit diare sering menggangu pencernaan dan datang tiba-tiba, kalau kita tidak punya persediaan obat di rumah, bisa diatasi dengan menanam Jambu Biji (Psidium guajava) di pekarangan atau dalam pot. Ambil 4 atau 5 lembar daun jambu biji (masih berwarna hijau muda) haluskan dan peras airnya, kalau susah didapat airnya, tambahkan beberapa tetes air putih, lalu diperas lagi. Air perasan daun jambu biji tadi sebanyak setengah atau tiga per empat sendok teh langsung diminum, diare akan sembuh.

0 komentar:

Post a Comment





Google PageRank Checker